Bagaimana Cara kerja mesin las listrik inverter?


sumber gambar google 


Saat ini sudah ada mesin las dengan sistem adaptor switching atau mesin las inverter. Inverter ini sangat ringan dibanding mesin las dengan menggunakan trafo besar, karena inverter menggunakan rangkaian yang sistem kerjanya sama dengan regulator elektronik yang banyak  digunakan sekarang.

Mesin las dengan sistem adaptor switching atau mesin las inverter. Inverter ini sangat ringan dibanding mesin las dengan menggunakan trafo besar, karena inverter menggunakan rangkaian yang sistem kerjanya sama dengan regulator elektronik.

mesin las inverter bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi kisaran 100 khz bahkan lebih berbeda dengan mesin las konvensional yang bekeja pada frekuensi kisaran 50hz-60 hz


cara keja mesin las inverter :


  1. yang pertama mengubah tegangan ac 220 menjadi dc 220 volt dengan menggunakan dioda bridge atau    kiprok dan di  filter oleh kapasitor.
  2. tegangan dc lalu di umpan kan ke primer trafo inti ferit dengan mosfet yang memiliki frekuensi tinggi kisaran    100khz.
  3. lalu hasil dari switching mosfet maka keluarlah tegangan dan arus yang sangat tinggi pada sekunder trafo inti ferit nya.
  4. karna keluaran masih tegangan ac maka di beri dioda penyearah agar menjadi tegangan dc.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara kerja mesin las listrik inverter?"

Posting Komentar